Tradisi Unik Warga Desa Legung Timur Tidur Beralaskan Pasir
ket : Tempat tidur warga desa Legung Timur yang beralaskan pasir , sumber : Lailatul Munawwaroh
share

SUMENEP - Desa Legung Timur, kecamatan Batang-Batang, kabupaten Sumenep, Jawa Timur memiliki tradisi sendiri dengan cara tidur ber alas dengan pasir. Ternyata tidur ber alas pasir sudah menjadi budaya sejak dulu. “Ini adalah budaya kami. Sudah dilakukan sejak lama oleh nenek moyang kami” ujar Haluwi, salah satu warga Desa Legung Timur

Bukan hanya untuk tidur saja untuk melakukan aktivitas seperti bermain dan bersantai di atas pasir yang ada disetiap sudut rumah. “Tidur beralaskan pasir sudah terbiasa bagi warga sini, walaupun kami memiliki kasur dan karpet yang nyaman tetap memilih tidur ber alas pasir” tambah Haluwi. (02/12)

Di samping memiliki kenyamanan tersendiri, pasir yang digunakan oleh warga Legung Timur ini juga memiliki khasiat tersendiri. Menurut warga setempat, pasir tersebut bisa menghilangkan rematik, kram, dan pegal-pegal dengan cara menguburkan bagian yang sakit di pasir.

Pasir yang digunakan warga desa Legung Timur merupakan pasir yang lembut dan bersih. Beda dengan pasir yang ada di pantai. Sebelum pasir digunakan, pasir-pasir tersebut diayak terlebih dahulu agar kotoran seperti batu dan karang hilang. Warga setempat selalu mengganti pasirnya setahun sekali, dan sebelumnya mereka akan mengayak pasir sebelum digunakan agar tidak ada batu. Kebiasaan tersebut hingga saat ini masih dilakukan. (kel9/lfstyl/MT)

share