Teknologi Tunnel, Dapat Membantu Petani Garam
ket : Teknologi canggih untuk petani garam , sumber : https://www.google.co.id
share

SUMENEP - Di zaman yang serba canggih ini, kita tidak susah payah untuk mengatasi masalah kebutuhan petani garam. Dengan adanya Teknologi Tunnel, para petani tidak takut garamnya hancur terkena air hujan. Para petani merasa sangat nyaman dengan teknologi ini.

Dimusim hujan sekarang, petani garam di Desa Sentol Daya, Kecamatan Pragaan Sumenep tidak risau lagi karena para petani memiliki lahan untuk digunakan Tunnel, yaitu lahan garam yang diatapi dengan plastik transparan berwarna putih agar tetap tekena sinar matahari. Terdapat sebelas kotak tambak garam yang menggunakan Tunnel di Desa tersebut. Sebagian garam siap di panen dan sebagian masih pembentukan kristal, "Ujar Marno petani garam yang ditemui Minggu (04/12/18)."

Dengan menggunakan sistem Tunnel, sangat banyak sekali manfaatnya yaitu para petani bisa memproduksi garam sepanjang tahun. Walaupun musim hujan tetap saja memproduksi garam, garam yang menggunakan Tunnel lebih berkualitas karena garam lebih bersih dan hasilnya melimpah dua kali lipat. Teknologi Tunnel ini sangat membantu para petani garam di Desa Sentol Daya ini.

Masyarakat berpesan untuk para petani garam dianjurkan untuk menggunakan Teknologi Tunnel ini, agar para petani tidak merasa rugi dan hasil garam semakin berlimpah, dan untuk para petani yang sudah menggunakan Teknologi inj dianjurkan untuk tetap menjaga agar Tunnel tidak rusak. Jika rusak segera diperbaiki agar tidak menganggu aktifitas petani lainnya.
(K2/Tech/MT)

 

share
Post Comment
Comments (0)
  • Be the first, Start Comment ...