BIROKRASI YANG MENGHAMBAT PRESTASI
ket : Persiapan panitia yang akan melakukan Diesnatalis.
share

Bangkalan - 16 November 2018, mahasiswa mahasiswi Universitas Trunojoyo Madura yang bergabung dalam Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi (HIMAKOM), tengah berusaha untuk menunjukkan kreatifitas mereka dalam agenda tahunan,  DIESNATALIS ILMU KOMUNIKASI yang ke 12. Namun sangat disayangkan sekali agenda terbesar dalam sepanjang tahun kepengurusan harus digagalkan. 

Hal ini selain mengundang kekecewaan pihak panitia, juga mengundang kekecewaan mendalam pada para bintang tamu yang telah mempersiapkan penampilan terbaiknya.
Berbagai solusi jalan tengah telah diupayakan pihak panitia maupun Demisioner, akan tetapi birokrasi menjadi alasan untuk tetap membubarkan acara. Aturan aturan birokrasi dibuat sebagai alat efisien dan efektif untuk mencapai tujuan tertentu. Namun atas kejadian tersebut, birokrasi di salah pahamkan sebagai alat untuk memperoleh, mempertahankan, dan melaksanakan kekuasaan. Birokrasi yang positif dan baik tidak akan menghambat perkembangan kreatifitas mahasiswanya. 

"Kami harap atas kejadian ini juga menjadi pelajaran berharga untuk pihak atasan yang memegang kekuasaan birokrasi. Yang kami butuhkan adalah birokrasi propartisipan-outonomis. Bukan komando-hirarkis" ujar salah satu perwakilan panitia DIESNATALIS Ilmu Komununikasi ke 12 yang tidak ingin disebutkan namanya. 

Salah satu panitia juga berujar, akan lebih baik jika pada kejadian tersebut tidak ada pihak yang dirugikan. Dalam artian ini para petinggi yang memegang kekuasaan lebih mampu untuk mengupayakan jalan tengah dan tidak bersikap dominasi. Lebih mendukung dan melakukan pemberdayaan dan memerdekakan mahasiswa untuk berkarya dan berkreatifitas. Sehingga nama baik organisasi dan Universitas akan tetap terjaga, sebab dalam acara tersebut pihak yang bersangkutan dalam acara bukan hanya dari pihak dalam kampus saja.

share
Post Comment
Comments (0)
  • Be the first, Start Comment ...